Senin, 22 Juni 2015

10 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia ternyata sangatlah banyak, selain tubuh bisa istirahat dalam mencerna dan menyerap makanan ternyata juga bisa menyehatkan tubuh. Nah kami telah merangkum beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia. Sebelum memasuki manfaat dari puasa maka terlebih dahulu mengenal arti puasa sendiri adalah suatu keharusan sebalum mengenal apa saja manfaat dari puasa itu sendiri. Seperti yang telah diketahui bahwa puasa Ramadhan adalah suatu kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh setiap orang muslim. Selain sebagai suatu kewajiban bagi ummat muslim ternyata puasa juga sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Kemudian apa sih yang dinamakan dengan puasa tersebut, puasa adalah menahan makan dan minum serta hal-hal lain yang membatalkan puasa. Menahan makan dan minum ini dilakukan sejak terbitnya fajar (matahari) sampai terbenamnya matahari. Dengan kata lain seseorang yang melakukan puasa maka lambung tidak akan kemasukan makanan maupun juga minuman selama kurang lebih 13 jam. Berarti secara umum tubuh akan istirahat mencerna makanan selama ramadhan tersebut. orang berfikir bahwa jika melakukan puasa maka kesehatan akan semakin menurun karena tubuh kekeurangan dalam menerima asupan nutrisi serta mineral. Namun ternyata sebaliknya, seseorang yang melakukan puasa akan tembah sehat karena berbagai alasan yang menyertainya.

10 manfaat puasa

10 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

10 Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia ternyata sangat banyak sekali, selain dapat menunjang hal-hal lain yang berkaitan dengan kesehatan tubuh, puasa juga sangat efektif dalam menangkal berbagai penyakit yang akan hinggap pada seseorang. Berikut ini adalah 10 manfaat puasa bagi kesehatan tubuh:
  1.  Meningkatkan Metabolisme
    • Metabolisme di dalam tubuh manusia akan menjadi meningkat jika melakukan aktiftas puasa, hal ini terjadi akibat adanya peningkatan 10 kali lipat kinerja limfa yang akan pada tubuh manusia sehingga menyebabkan peningkatan sistem imun di dalam tubuh manusia.
  2. Meningkatkan Kesehatan Jantung
    • Dengan melakukan puasa ramadhan jantung akan semakin sehat karena kadar HDL akan terus meningkat serta kadar LDL akan terus menurun. Dapat diketahui bahwa HDL adalah kolesterol baik sedangkan LDL adalah kolesterol jahat, dengan keadaan seperti ini maka tubuh seseorang akan terhindar dari penyakit jantung, serangan penyakit jantung serta stroke
  3. Menyehatkan Ginjal
    • Ginjal akan semakin sehat dengan seseorang melakukan ibadah puasa, pada keadaan puasa maka seseorang akan mengontrol jam minum serta mengontrol banyaknya air yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga dengan demikian ginjal akan bekerja secara ringan serta juga memperpanjang usia ginjal tersebut. Perlu dketahui bahwa organ ginjal adalah organ paling penting pada tubun manusia, fungsinya sebagai penyaring segala cairan yang masuk ke dalam tubuh, termasuk juga racun yang masuk ke dalam tubuh manusia.
  4. Menghilangkan racun di dalam tubuh
    • Puasa akan menghilangkan racun di dalam tubuh manusia, keadaan seperti ini bisa terjadi akibat pada keadaan puasa maka lambung akan berhenti bekerja karena tidak ada asupan makanan yang masuk ke dalam lambung tersebut. Detoksifikasi terjadi akibat keadaan lambung yang tidak terisi kemudian bisa terisi dengan keadaan penuh sehingga akan keluar keringat yang disebut dengan detoksifikasi tersebut. Keadaan seperti ini akan memperkuat detoksifikasi yang ada pada tubuh seperti pada organ ginjal, paru, jantung, lambung, kelenjar getah bening, usu besar dan bahkan kulit.
  5. Penyerapan Nutrisi Menjadi Maksimal
    • Ketika puasa maka tubuh akan mengalami peningkatan metabolisme yang sangat pesat, dengan demikian maka penyerapan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh semakin maksimal
  6. Dapat mengontrol berat badan
    • Puasa selain sebagai suatu kewajiban maka juga dapat digunakan sebagai media mengontrol berat badan. Dengan melakukan puasa maka nutrisi terpenuhi dan tidak sampai over load makanan yang dapat saja menambah lemak di dalam tubuh.
  7. Dapat menghindari pola hidup kurang baik
    • Pola hidup yang kurang baik seperti kebiasaan merokok maupun makan camilan secara terus menerus maka akan menyebabkan seseorang sangat merasa merugi dengan keadaan seperti ini, jika dengan puasa rutin maka kebiasaan tersebut akan sedikit berkurang karena pada siang hari jika puasa seseorang dilarang melakakan aktifitas makan maupun minum.
  8. Mencegal Diabetes
    • Dengan melalakukan aktifitas puasa maka seseorang akan mengontrol makanan serta minuman yang akan dikonsumsinya. Keadaan seperti ini terntu akan berdampak sangat baik untuk menghindari segala jenis penyakit yang ada pada seseorang tersebut. Oleh karenanya sesuai dengan pesan Rasul bahwa puasa dapat menghindari segala jenis penyakit dan termasuk juga penyakit diabetes tersebut.
  9. Penawar Nyeri Sendi dan Encok
    • Puasa dapat mencegah rasa nyeri sendi serta encok terjadi akibat adanya cairan penawar  alami yang selalu muncul pada saat seseorang melakukan puasa. Keadaan seperti ini bisa dimanfaatkan oleh seseorang yang sedang mengalami penyakit nyeri sendi, arthiritis tulang, maupun juga asam urat.
  10. Menenangkan Pikiran
    • Puasa akan menenangkan pikiran serta menjaga emosional pada tubuh, sehingga dengan demikian penyakait yang sering ditimbulkn akibat kebanyakan berfikir akan bisa dihindari. Keadaan menenangkan pikiran seperti ini biasanya mudah dilakuakan oleh seseorang yang saat ini sedang melakuakan ibadah puasa, selain merasa semakin dekat dengan tuhan tentunya hubungan keluarga akan semakin harmonis.
10 manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia tersebut tentu akan dimiliki oleh seseorang yang saat ini sedang melakukan ibadah Puasa. Tepat sekali saat ini sedang berlangsung ibadah puasa, tentunya jangan sampai melewatkannya. Sebagai ummat muslim tentunya sangat diwajibkan sekali puasa ramadhan, selain melakukan kewajiban tentu juga puasa ramadhan akan mempunyai efek yang positif bagi kesehatan tubuh.

Itulah manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia, selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1426 H.
Disqus Comments