Senin, 27 Juli 2015

Macam-macam Penyakit Jantung Yang Wajib Anda Ketahui

Macam-macam penyakit jantung yang wajib untuk Anda ketahui merupakan artikel yang akan membawa Anda mengetahui beberapa jenis/ macam dari penyakit jantung. Sebelum mengetahui apa saja macam dari penyakit jantung maka terlebih dahulu mengenal apa yang dimaksud dengan penyakit jantung adalah yang paling utama harus diketahui pada seseorang penderita penyakit jantung maupun juga yang tidak menderita penyakit jantung. Penyakit jantung adalah keadaan organ jantung pada seseorang yang mengalami penyumbatan sehingga menyebabkan terjadinya aliran darah menuju dan keluar dari jantung menjadi tidak stabil. Hal ini akan menyebabakan rasa sakit yang luar biasa pada organ Jantung sehingga seseorang yang sedang mengalami penyakit jantung akan merasakan sakit ketika aliran darah menuju dan keluar dari jantung menjadi tidak stabil. Perlu untuk diketahui bahwa penyakit jantung adalah jenis penyakit pembunuh nomor 1 di Dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Banyak penderitanya yang mati secara tiba-tiba akibat penyakit jantung tersebut. Penderita penyakit jantung rata-rata adalah orang tua, namun akhir-akhir ini sering ditemukan juga penderita penyakit jantung yang masih muda bahkan yang masih berusia dua puluhan tahun juga ada.

macam penyakit jantung

Setelah mengetahui definisi dari penyakit jantung diatas hendaknya kita lebih berwaspada lagi terhadap segala resiko terkena penyakit jantung. Oleh karenanya menghindari penyakit jantung lebih utama daripada mengobatinya, sebelum kita semua terkena penyakit jantung maka lebih baik menghindarinya adalah langkah paling tepat yang bisa dilakukan seseorang dalam menjaga jantung tetap sehat sepanjang masa.

Macam-macam Penyakit Jantung

Ada 8 macam penyakit jantung yang biasa dialami oleh seseorang penderita penyakit jantung, berikut ini adalah jenis-jenisnya:
  • Kelainan katup jantung, kelainan katup jantung merupakan salah satu penyakit jantung yang banyak dialami oleh seseorang penderita penyakit jantung. Katup jantung sendiri mempunyai fungsi untuk menutup secara otomatis peredaran darah yang dilakukan oleh jantung. Sehingga jika katup jantung mengalami kelainan maka akan tidak sempurna peredaran darah yang dilakukan oleh jantung ke seluruh tubuh manusia tersebut.
  • Gagal jantung kongesif, gagal jantung kongesif merupakan merupakan keadaan jantung tidak kuat dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Dikatakan tidak kuat memompa darah ke seluruh tubuh bukan berarti jantung berhenti memompa darah ke seluruh tubuh, melainkan jantung tidak sekuat biasanya dalam memompa aliran darah ke seluruh tubuh.
  • Infark Miokra Akut, adalah melemahnya otot jantung yang berakibat pada penyumbatan arteri pada jantung. Adanya penyumbatan arteri pada jantung tersebut menyebabkan keadaan jantung akan mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan adanya penyumbatan pada arteri yang menghubungkan antara jantung ke jaringan organ lainnya.
  • Arritmatia, yaitu sebuah kondisi dimana irama jantung tidak sesuai dengan aslinya. Biasanya jika jenis penyakit jantung seperti ini seseorang akan mengalami irama jantung yang tidak semestinya
  • Kardiomiopati, adalah keadaan otot pada dinding jantung mengalami kelainan atau pelemahan sehingga menyebabkan terjadinya gangguan dalam memompa maupun juga menyedot darah ke seluruh tubuh. Keadaan seperti ini akan beresiko pada seseorang dengan resiko terkena gagal jantung dan arrotmatia.
  • Inflamasi jantung, jika jantung mengalami penyakit seperti ini maka jelas adanya infeksi yang menyebabkan jantung mengalami inflamasi
  • Jantung Rematik, bakteri streptokokus adalah penyebab utama terjadinya penyakit jantung rematik sehingga dengan demikian seseorang yang sedang mengalami penyakit jantung rematik pasti akan mengalami kelainan katup jantung.
Macam penyakit jantung sangatlah banyak tidak melulu itu-itu saja, bagi yang sudah mengalami sakit jantung maka tidak ada salahnya untuk segera berobat sebelum terlambat. Namun bagi yang belum mengalaminya bisa mencegah sejak dini yaitu dengan cara melakukan pola hidup yang sehat dan juga melakukan olahraga secara teratur. Dengan melakukan pola hidup yang sehat jelas nantinya akan dihasilkan pola hidup yang terbebas dari penyakit jantung. Jantung adalah organ utama bagi manusia, jangan sampai terlambat untuk mencegah penyakit jantung.

Itulah macam-macam penyakit jantung yang wajib untuk Anda ketahui sejak dini baik bagi Anda yang sedang menderita penyakit jantung maupun juga bagi Anda yang tidak menderita penyakit jantung. Semuanya wajib untuk mengenali penyakit jantung agar bisa terhindar dari penyakit jantung tersebut.
Disqus Comments