Kamis, 06 Agustus 2015

Penyakit Degeneratif Dapat Dicegah Melalui Cara Sehat

Siapa yang tidak kenal dengan penyakit degeneratif, penyakit yang seringkali di idap oleh manusia pada masa sekarang ini kian ditakuti karena mempunyai dampak yang serius terhadap kesehatan manusia. Seperti penyakit jantung, stroke, diabetes adalah penyakit yang dulunya penyakit eksklusive namun sekarang ini menjadi penyakit yang umum dialami oleh manusia zaman modern. Untuk itu kami akan membahasnya mengenai penyakit degeneratif dapat digcegah melalui cara yang sehat. Siapapun saja orangnya yang saat ini sedang ingin tetap sehat maka lakukan cara yang sehat ini untuk menghindari berbagai macam penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif merupakan sebuah penyakit yang perlu diwaspadai oleh semua orang pada zaman modern saat ini. Pasalnya ancaman maupun juga tantangan makanan yang semakin tidak sehat telah meracuni tubuh manusia, sehingga perlu adanya suatu terobosan sehat untuk dapat menghindari penyakit degeneratif secara seksama. Perlu diketahui juga bahwa penyakit degeneratif merupakan sebuah penyakit yang dapat saja mengancam nyawa seseorang, oleh karenanya perlu diwaspadai secara seksama untuk dapat menghindari penyakit degeneratif tersebut.

penyakit degeneratif dapat dicegah

Pencegahan penyakit degeneratif wajib hukumnya untuk diwaspadai oleh semua orang pada zaman sekarang, ancaman penyakit degeneratif semakin gencar seiring semakin banyaknya jenis makanan ataupun juga minuman yang tidak sehat. Makanan yang tidak sehat dalam artian makanan yang mengandung kolesterol tinggi maupun juga makanan yang mengandung lemak tinggi tentu merupakan pemicu terjadinya penyakit kolesterol tinggi sehingga menjadi penyebab penyakit jantung. Selain makanan yang kurang sehat adapula pemicu lainnya yaitu dengan adanya polusi udara yang tinggi, seperti asap kendaraan bermotor, adanya polusi asap pabrik juga dapat memicu terjadinya penyakit degeneratif tersebut.

Cara Mencegah Penyakit Degeneratif Secara Sehat

Ada beberapa cara untuk mencegah penyakit degeneratif secara herbal alami, berikut adalah cara yang dapat dilakukan oleh seseorang dalam mencegah penyakit degeneratif secara herbal alami:
  1. Sarapan di pagi hari, melakukan aktivitas sarapan di pagi hari akan membuat sistem metabolisme dan kebutuhan energi di dalam tubuh menjadi terpenuhi. Sarapan sebelum jam 9 pagi sangat dianjurkan oleh semua pakar kesehatan, bahkan di negara tertentu sarapan pagi menjadi agenda wajib bagi siswa yang masih sekolah. Sarapan memang sangat penting untuk memenuhi energi keseharian pada seseorang, sebaiknya melakukan sarapan dengan beragam komposisi kebutuhan tubuh manusia. Seperti sarapan dengan sayuran dan buah-buahan adalah yang terbaik untuk tubuh manusia.
  2. Konsumsi makanan dengan nilai kebutuhan gizi seimbang sangat dianjurkan untuk menunjang kesehatan tubuh manusia. Setiap hari seharusnya mengkonsumsi karbohidrat, protein, sayuran, dan juga buah-buahan. Karena semuanya kandungan tersebut sangat penting untuk tubuh manusia dalam menunjang dan memnuhi kebutuhan akan gizi. Dengan mengkonsumsi makanan yang beragam tersebut tentu sistem metabolisme di dalam tubuh manusia menjadi stabil dan segala ancaman penyakit tidak akan mampu menembus benteng sistem imun pada manusia.
  3. Konsumsi air putih yang cukup, para pakar kehehatan telah sepakat bahwa kebutuhan mineral di dalam tubuh manusia adalah 2 liter setiap harinya. Artinya jika dimulai dari pagi maka seseorang butuh 8 gelas air putih untuk bisa memenuhi angka 2 liter air tersebut. Bangun tidur minum 1 gelas, setelah sarapan minum 2 gelas, setelah makan siang minum 2 gelas, pulang kerja minum 1 gelas dan malam hari setelah makan malam minum 2 gelas. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup maka kebutuhan akan mineral menjadi terpenuhi sehingga mampu menstabilkan sistem metabolisme di dalam tubuh.
  4. Olahraga rutin, olahraga yang baik adalah melakukan aktifitas olahraga setiap hari, namun kebutuhan minimal untuk melakukan aktifitas fisik sebenarnya adalah 2x30 menit setiap minggunya. Dengan melakukan aktivitas olahraga secara rutin setiap harinya maka toksin-toksin di dalam tubuh akan segera keluar bersamaan dengan keringat yang keluar dari dalam tubuh manusia tersebut. Oleh karenanya olahraga sangatlah penting untuk kesehatan tubuh manusia, dengan berolahraga sistem metabolisme di dalam tubuh akan meningkat sehingga sangat bagus untuk menangkal radikal bebas maupun juga menangkal berbagai macam ancaman penyakit yang akan masuk ke dalam tubuh manusia tersebut.
  5. Istirahat yang cukup, kebutuhan tubuh dalam beristirahat adalah selama 8 jam setiap harinya. Artinya jika seseorang melakukan aktifitas setiap harinya sampai dengan jam 9 malam kemudian tidur maka minimal bangunnya adalah jam 5 pagi. Itupun jika tidak disertai dengan istirahat siang, jika melakukan istirahat siang maka bisa dikurangi pada jumlah jam tidur malamnya. Istirahat sangatlah penting dan berguna untuk menunjang kesehatan tubuh manusia, dengan melakukan istirahat yang cukup maka sistem syaraf  di dalam tubuh akan bisa beristirahat, serta otot-otot juga bisa beistirahat dari aktifitas keseharaiannya. Dengan demikian maka sistem metabolisme di dalam tubuh akan terjaga sehingga terhindar dari ancaman penyakit yang menyerang.
  6. Hindari makanan berlemak dan juga yang memicu penyakit, makanan yang tidak sehat seperti makanan berlemak tinggi maupun juga makanan yang berminyak tinggi serta atur dan batasi konsumsi gula setiap harinya. Kontrol selalu konsumsi gula, makanan berlemak dan juga makanan yang mengandung minyak untuk menghindari penyakit diabetes, penyakit kolesterol tinggi, dan juga penyakit jantung. Karena semua penyakit tersebut dipicu oleh makanan yang kurang sehat tersebut.
  7. Hindari Strees, berwisata secara seksama akan membantu Anda dalam mengurangi strees, setelah melakukan aktifitas kerja yang penat tentu seseorang butuh hiburan, hiburan bisa dengan berwisata untuk merefresh otak agar terhindar dari stress.
Cara mencegah penyakit degeneratif diatas dapat Anda praktekkan dirumah, sehingga bisa terhindar dari segala macam resiko terkena penyakit degeneratif secara seksama. Selain dapat menghindari penyakit degeneratif, ke 7 tips tersebut juka akan membuat tubuh terasa lebih bugar untuk dibuat beraktifitas setiap harinya. Tidak ada salahnya dan tidak ada ruginya untuk berpola hidup sehat, selain dapat mencegah berbagai macam ancaman penyakit melakukan pola hidup yang sehat tentunya juga akan menambah tubuh akan terasa lebih sehat dan juga sangat enak untuk dibuat beraktifitas setiap harinya.

Penyakit degeneratif dapatlah dicegah dengan pola hidup yang sehat, pola hidup yang sehat dapat dilakukan oleh seseorang dengan profesi apapun. Baik itu seorang petani, seorang wirausaha, seorang pelajar, seorang pejabat, seorang karyawans swasta, atau bahkan seorang nelayanpun sebenarnya sangat mudah untuk melakukan pola hidup yang sehat tersebut. Selain mudah ternyata melakukan pola hidup yang sehat adalah murah, sama sekali tidak mahal. Bagi seorang petani sayur mayur dapat diperoleh dari kebun, namun jika yang mempunyai gaji tetap seperti karyawan maupu pejabat pemerintah bisa mendapatkannya di penjual sayur setiap harinya. Ayo mulai sekarang pola hidup yang sehat guna dapat terhindari dari penyakit degeneratif tersebut. Seperti penyakit jantung, penyakit stroke, penyakit diabetes maupun juga penyakit lainnya adalah tergolong dan termasuk ke dalam penyakit degeneratif. Penyakit tersebut bukanlah penyakit keturunan maupun juga penyakit genetika, melainkan muncul dan terjadi akibat pola hidup seseorang tersebut. 

Itulah penyakit degeneratif dapat dicegah melalui budaya hidup yang sehat, semoga kita semua bisa menerapkannya dan bisa terhindar dari segala penyakit degeneratif yang selalu mengancam manusia..
Disqus Comments